Blog

Yuk Intip, Apa Saja Jasa Seserahan Surabaya Pengantin Adat Tionghoa?

Jasa Seserahan Surabaya – Bagi masyarakat di tanah air, istilah seserahan sepertinya sudah tidak asing didengar. Hal ini karena setiap upacara pernikahan, sebagai wujud rasa syukur atas terjalinnya kesepakatan pernikahan di antara kedua pihak keluarga mempelai. Maka akan saling bertukar seserahan.

Jasa Seserahan Surabaya

Makna seserahan secara pengertian dari istilah kamus besar, seserahan merupakan sesuatu yang dipersembahkan atau diberikan dalam sebuah upacara khusus sebagai pengikat kedua calon mempelai.

Macam-macam adat seserahan yang menarik untuk diketahui

Setiap suku maupun kelompok masyarakat yang ada di daerah tertenu pastinya memiliki adat sebelum atau menjelang pernikahan salah satunya adalah ada seserah. yuk simak macam-macam adat seserahan yang menarik tersebut.

Seserahan adat Jawa

Menurut tradisi suku Jawa, seserahan juga dikenal dengan peningsetan. Peningset diambil dari kata singset yaitu “mengikat dengan erat”. Maka dari itu, peningsetan berarti sebuah simbol untuk mengikat kedua keluarga mempelai dalam hubungan pernikahan.

Baca Juga :  Ini Dia Kartu Undangan Pernikahan Modern Terbaru Di Anaria Wedding

Pada prosesi seserahan adat jawa, pihak mempelai pria akan memberikan sejumlah barang – barang kebutuhan bagi mempelai wanita sesuai kesanggupannya. Jumlah dan besarnya nominal pun disesuaikan dengan kesepakatan kedua pihak keluarga.

Seserahan adat Sunda

Tidak jauh berbeda dengan adat Jawa, tradisi Sunda juga mengenal seserahan dalam prosesi sebelum pernikahan berlangsung. Biasanya, seserahan dalam adat Sunda dilangsungkan pada saat meminang mempelai putri atau acara lamaran.

Namun, seserahan di sini diartikan sebagai simbol mempelai pria diizinkan masuk menjadi bagian anggota keluarga mempelai putri.

Seserahan adat Tionghoa atau sangjit

Berasimilasi di tanah air, suku etnis Tionghoa juga mengadopsi adat tradisi leluhur pribumi menjadi salah satu bagian adat pernikahan kalangan Cina di Indonesia.

Seserahan bagi etnis Cina merupakan persembahan dari mempelai pria kepada mempelai putri berupa barang – barang istimewa.

Uniknya, dalam prosesi seserahan pengantin adat Tionghoa di Surabaya, jumlah barang yang diterima oleh pihak keluarga bisa menjadi penentu masa depan rumah tangga kedua mempelai kelak. Kenapa begitu?

Baca Juga :  Undangan Pernikahan Elegan Artis Terbaru Yang Bisa Jadi Inpirasi Calon Pengantin

Sebab, apabila dari pihak keluarga mempelai putri mau menerima keseluruhan benda – benda seserahan yang diberikan oleh pengantin pria. Ini berarti mereka menerima calon mempelai pria dengan ikhlas dan rela tidak turut campur dalam rumah tangga mereka.

Sementara itu, apabila jumlah barang seserahan yang diterima hanya sebagian. Atau, yang sebagian lagi dikembalikan. Maka, pihak keluarga mempelai putri berarti masih boleh ikut campur urusan rumah tangga mereka. Setidaknya, ikut berdiskusi atau boleh mengambil keputusan tentang rumah tangga mereka di masa mendatang.

Apa saja seserahan pengantin adat Tionghoa?

  • Satu set perlengkapan busana untuk mempelai putri. Terdiri dari baju atasan, kain untuk bawahan, dan aksesoris seperti tas, sepatu atau sandal.
  • Busana dalaman, baju tidur, celana dalam dan bra, serta lingerie.
  • Kue – kue tradisional yang berasa manis. Seperti jenang atau kue mangkok, dodol, kue tradisional, dan buah – buahan.
  • Perhiasan satu set lengkap
  • Peralatan tubuh dan kecantikan mempelai putri
  • Dan lain – lain
Baca Juga :  Bagaimana Cara Agar Undangan Pernikahan Tidak Monoton dan Menarik?

Apa pun makna dan fungsinya, yang pasti seserahan merupakan hal yang positif. Semua orang senang diberikan hadiah atau persembahan. Terlebih jika hadiah itu dihias dengan indah oleh Jasa Seserahan Surabaya dan bisa diterima dengan ikhlas tanpa pamrih apa pun.

Diharapkan dengan adanya seserahan bagi mempelai putri, maka kebahagiaan pernikahan akan terasa lebih sempurna.

Sempurnakan pernikahan dengan seserahan yang tampil mewah dan elegan bersama Jasa Seserahan Surabaya terpercaya di Surabaya, Anaria Wedding. Berlokasi di Ruko PHI ( Penginapan Haji Indonesia)

Jl. Kranggan No.73E. Surabaya, kami siap membantu Anda mewujudkan seserahan dan mahar yang tampil eksklusif sesuai bujet kedua mempelai.

Hubungi contact center Anaria Wedding yang siap membantu Anda setiap hari Senin – Minggu (kecuali hari libur) di jam kerja 09.00 – 17.00 WIB lewat nomor telepon (031) – 5484342 atau di nomor whatsapp yang ada dibawah ini. Semoga selalu berbahagia ya…

Ikuti update kami di social media