Blog

Bagaimana Cara Agar Undangan Pernikahan Tidak Monoton dan Menarik?

Agar Undangan Pernikahan Tidak Monoton – Ketika Anda ingin menikahi sang pujaan hati, salah satu perlengkapan yang diperlukan adalah undangan yang menarik. Undangan itu bisa dibuat sendiri atau dipercayakan pada penyedia jasa pembuat undangan.

agar undangan pernikahan tidak monoton

Beberapa Hal Agar Undangan Pernikahanmu Tidak Monoton

Umumnya, agar undangan pernikahan tidak monoton, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti :

Memiliki tema desain undangan

Jika Anda ingin mendapatkan undangan yang unik dan menarik, hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah tema undangan yang akan dibuat. Tema yang pasti, akan membantu Anda dalam menentukan model dan desain sesuai keinginan Anda bersama pasangan. Misalnya saja saat Anda lebih memilih tema undangan yang bisa berfungsi pula sebagai souvernir atau tema undangan klasik.

Memperkirakan biaya undangan

Secara tidak langsung, kemampuan untuk membuat perkiraan biaya yang akan dihabiskan untuk pembuatan undangan akan membantu Anda dalam menentukan jenis desain dan tema undangan yang akan dibuat.

Memperkirakan harga bahan undangan

Jika Anda ingin mencoba membuat undangan sendiri, Anda harus teliti dan pintar dalam membuat budget perkiraan harga bahan yang akan digunakan dalam undangan. Misalnya saja, Anda ingin membuat undangan dalam bentuk gambar KTP atau undangan sabun, Anda perlu memikirkan apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat undangan tersebut.

Baca Juga :  Keunggulan Undangan Unik Pernikahan Yang Dibuat dari Material Selain Kertas

Survey desain anti mainstream

Sekarang ini ada banyak jenis desain anti mainstream yang bisa digunakan dalam beragam media yang disesuaikan budget. Namun demikian, ada baiknya Anda melakukan survey desain anti mainstream yang ingin disebarkan pada teman maupun kerabat agar undangan yang diberikan tidak berbalik membuat Anda malu.

Setelah mempertimbangkan beberapa hal diatas, ada beragam jenis ide undangan pernikahan yang bisa menjadi alternatif pilihan undangan pernikahan Anda.

Undangan pernikahan standar

Jika Anda menginginkan undangan standar yang tidak terlalu monoton, Anda bisa mencoba memvariasi bentuk undangan yang umumnya berbentuk kotak menjadi lingkaran atau belahketupat. Undangan tersebut hanya perlu dirapikan dengan pita, dilengkapi foto pasangan mempelai dan kombinasi warna amplop yang menarik.

Undangan pernikahan unik

Jika Anda ingin undangan pernikahan yang dicetak terlihat unik dan menarik namun hemat budget, beberapa jenis desain berikut ini bisa menjadi referensi untuk Anda.

Undangan paspor

Undangan dalam bentuk paspor menjadi salah satu undangan alternative yang bisa dipilih untuk hari istimewa bersama pasangan. Undangan ini umumnya memiliki lembaran halaman, dimana halaman depannya akan tampak seperti paspor untuk bepergian.

Undangan SIM

Jika Anda ingin mengundang teman dekat dan kolega dengan cara yang unik dan low budget, undangan dalam bentuk SIM bisa menjadi pilihan. Undangan model ini umumnya hanya membutuhkan selembar kertas cukup tebal dengan ukuran cukup kecil menyerupai kartu SIM yang asli.

Baca Juga :  Pesan Souvenir Pernikahan Mewah Custom By Request, Ikuti Tips Ini Agar Pengerjaannya Tepat Waktu

Undangan desain koran

Pernahkah Anda membuat undangan yang terlihat unik karena tersaji dalam bentuk informasi seperti koran bacaan? Jika belum pernah, Anda bisa mencoba undangan jenis ini dengan memasang foto bersama pasangan bernuansa hitam putih. Selain unik, kesan vintage yang tidak akan Anda dapatkan di model undangan lain bisa menjadi kenangan tersendiri.

Undangan kalender

Undangan kalender tergolong jenis undangan unik yang bisa menjadi referensi saat Anda ingin memberikan undangan yang unik untuk kolega dan keluarga. Anda bisa membuat dua sisi pada undangan, dimana sisi yang satu untuk mencetak detail undangan, sedangkan sisi lainnya untuk desain kalender yang diinginkan.

Undangan pernikahan anti mainstream

Jika Anda bertanya model undangan pernikahan seperti apa yang bisa dikategorikan undangan anti mainstream yang menarik, beberapa contoh undangan berikut bisa menjadi referensi untuk Anda.

Undangan digital

Jika Anda ingin agar undangan pernikahan tidak monoton, cobalah untuk mendesain undangan digital yang disebarkan melalui media social instagram atau whatsapp. Undangan digital ini secara tidak langsung lebih hemat biaya karena Anda tidak perlu mencetak undangan atau menulis siapapun penerimanya.

Undangan telenan

Jika Anda ingin mencoba undangan yang bisa digunakan sebagai souvenir jangka panjang sekaligus, cobalah untuk memesan undangan dalam bentuk telenan. Susunlah kalimat singkat yang berisi waktu dan tempat pelaksanaan pernikahan sebelum dicetak di salah satu sisi telenan. Nantinya sisi yang lain dari telenan tersebut bisa digunakan untuk alat bantu memasak.

Baca Juga :  Undangan Hardcover Dengan Model Terbaru Di Anaria Wedding

Undangan bola kaca

Anda pasti pernah melihat mainan jaman anak-anak yang menggunakan bola kaca, dimana boneka atau hiasan didalamnya dilengkapi dengan air atau buih bak salju. Salah satu bentuk undangan anti mainstream yang bisa Anda coba dengan biaya cukup besar adalah undangan bola kaca yang nantinya bisa pula digunakan sebagai souvenir. Anda bisa menuliskan info penting terkait informasi mempelai dan tempat undangan di bagian bawah bola kaca.

Undangan paket luxury

Jika Anda bertanya-tanya tentang undangan dalam bentuk paket luxury, undangan ini sebenarnya mengacu pada model undangan yang akan diberikan secara lengkap pada tamu yang diundang. Umumnya dalam satu paket, selain ada undangan inti yang berisi detail acara pernikahan, ada benda lain yang bisa diberikan pula sebagai souvenir, seperti notebook, kalender, cover note, dan lainnya.

Undangan decoupage

Anda pasti pernah mendengar seni decoupage yang secara tidak langsung menggunakan teknik melukis diatas kanvas atau benda-benda, seperti syal dan tas. Jika Anda ingin membuat undangan anti mainstream dan eksklusif, Anda bisa mencoba model undangan DIY (do it yourself) decoupage dengan media syal, kaos, atau totebag yang di kemudian hari masih bisa digunakan untuk pelengkap penampilan penerima undangan pernikahan.

Ikuti update kami di social media