Blog

Ide Undangan Antimainstream Seperti Apa Yang Anda Inginkan? Inilah Beberapa Referensi Yang Bisa Membantu

Ide Undangan Antimainstream – Pernikahan yang berkesan hanya datang satu kali dalam seumur hidup. Karena itulah banyak orang yang berusaha untuk membuat pesta pernikahan dengan konsep unik dan mewujudkan impiannya selama ini. Salah satu hal penting yang masuk ke dalam daftar pesta pernikahan adalah undangan pernikahan. Bahkan, undangan pernikahan harus sudah Anda persiapkan jauh-jauh hari sebelum hari pernikahan. Saat itulah, Anda harus memikirkan ide undangan antimainstream.

Ide Undangan Antimainstream

Inilah Beberapa Ide Undangan Antimainstream

Mengapa antimainstream? Ada beberapa orang yang memberikan alasan agar semakin semangat mengurus pernikahannya. Ada juga yang mengatakan agar terlihat berbeda dari undangan pernikahan orang lain. Entah dalam desain undangan, maupun bahan material yang digunakan. Dan semua hal tersebut Anda membutuhkan referensi undangan pernikahan yang sesuai dengan konsep pesta. Inilah beberapa model kartu undangan pernikahan yang dapat membantu Anda.

Undangan Bahan Akrilik

Beberapa tahun ini, kartu undangan pernikahan mengalami berinovasi dan banyak varian yang bisa dijadikan referensi untuk calon-calon pengantin. Jika pada umumnya, dulu kartu undangan hanya menggunakan kertas biasa atau yang berukuran sedikit tebal saja. Namun, sekarang Anda akan menemukan kartu undangan terbuat dari kaca, kayu, kertas dengan berbagai ukuran, dan material lainnya.

Seperti yang satu ini, kartu undangan pernikahan terbuat dari bahan akrilik. Akrilik pada dasarnya adalah bahan material yang berupa plastik atau mika dengan ukuran tebal dan kaku. Meskipun kaku, bahan ini mudah untuk dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Sudah banyak kartu-kartu undangan yang menggunakan bahan akrilik sebagai sarana menyalurkan kreasi. Hal tersebut dikarenakan bahan akrilik dapat memberikan kesan elegan dan tidak mudah rusak.

Kartu undangan pernikahan akrilik bisa Anda kreasikan dengan berbagai macam bentuk. Mulai dari bentuk wayang, kupu-kupu, dan juga bisa bentuk hati. Semua itu bisa Anda sesuaikan dengan konsep pesta pernikahan dan budget untuk kartu undangan. Karena membutuhkan ketelitian dalam pembuatannya, untuk harga undangan berbahan material akrilik lebih mahal daripada cetak kertas biasa. Banyak jasa cetak undangan yang bersedia mencetak kartu berbahan material akrilik.

Undangan Pernikahan Teknik Laser Cutting

Teknik laser cutting untuk undangan pernikahan mungkin bukan hal yang sangat baru. Namun, akhir-akhir ini kartu undangan pernikahan dengan laser cutting sudah mulai banyak digunakan. Terlebih lagi, teknik ini mulai memunculkan banyak model atau desain yang cukup rumit. Desain-desain rumit itulah yang banyak diminati para calon pengantin. Ada yang mengikuti desain dari jasa cetak undangan, ada juga yang memesan sesuai permintaan.

Kartu undangan pernikahan lasercutting ini menggunakan teknik yang sedikit berbeda dari kartu undangan lainnya. Laser cutting bekerja dengan memotong dan melubangi bahan material kartu di bagian yang paling detail dan rumit suatu desain. Ini dilakukan saat mesin die cutting sudah tidak dapat menjangkau atau mengerjakan bagian desain yang rumit.

Jika dulu teknik laser cutting diaplikasikan tepat dibagian cover kartu undangan pernikahan, sekarang Anda bisa mendapatkan kartu undangan pernikahan full menggunakan teknik laser cutting. Mulai dari bagian cover, isi undangan, amplop, sampai full seluruh pengerjaannya dengan bantuan teknik laser cutting. Semakin banyak Anda menggunakan pengerjaan laser cutting maka, semakin tinggi juga harga kartu undangan pernikahan Anda.

Jika cetak menggunakan tinta dihitung per lembar, lain halnya dengan laser cutting. Harga proses cetak laser cutting dihitung detik atau menit. Anda bisa memilih bahan material kartu undangan pernikahan sesuai dengan kreasi. Bisa menggunakan kertas, kayu, akrilik, kaca, bahan kombinasi, dan bahan-bahan lainnya. Bahan akrilik termasuk bahan yang paling mahal diantara bahan lainnya. Meskipun begitu, kartu yang dihasilkan akan tampak eksklusif dan elegan.

Undangan Dengan Teknik Emboss

Teknik emboss merupakan teknik membentuk kertas biasa menjadi menonjol dari permukaan biasanya. Tonjolan pada kertas tersebut bisa Anda rasakan dan raba dengan jelas. Kartu undangan pernikahan dengan emboss ini dulunya digunakan pada bagian cover dan amplop kartu. Namun kini, seluruh bagian kartu undangan pernikahan bisa Anda kreasikan dengan menggunakan teknik emboss.

Desain emboss sendiri bisa Anda dapatkan sesuai dengan permintaan atau menggunakan desain yang sudah disediakan oleh pihak jasa cetak undangan. Pembuatan emboss pada kartu menggunakan mesin press berelemen panas hingga 100 derajat Celcius. Dengan begitu, tonjolan dari teknik emboss akan benar-benar terlihat dan terasa saat Anda memegangnya. Jadi, jangan heran jika cetak undangan emboss cukup mahal.

Kartu Undangan Teknik Laser Engraving

Selain laser cutting, ada juga laser engraving dengan menggoreskan sebuah plat tembaga pada bahan material kartu undangan pernikahan. Teknik jenis ini menggunakan tinta untuk melapisi plat tembaga yang sudah dibentuk sesuai kebutuhan. Plat tembaga yang sudah dilapisi tinta tersebut akan disapu dan diratakan agar tinta menempel sempurna pada permukaan plat. Setelah itu, kertas yang akan digunakan untuk undangan ditempel plat tembaga dengan menggunakan mesin khusus.

Teknik press stempel dari laser engraving ini dilakukan terus menerus agar desain membentuk di atas kertas. Langkah selanjutnya adalah mewarnai bagian yang sudah distempel goresan plat. Dengan begitu, hasilnya akan timbul dan berwarna sesuai warna yang digunakan. Tentunya kartu undangan pernikahan Anda akan tampil sangat elegan dan mewah. Beberapa orang menggunakan laser engraving untuk membentuk inisial nama calon pengantin pada bagian cover undangan.

Bagaimana dengan ide antimainstream di atas? Tertarik menggunakan untuk kartu undangan pernikahan Anda bersama pasangan?

Ikuti update kami di social media