Blog

Desain Kartu Undangan Pernikahan Elegan

Desain kartu undangan pernikahan elegan

Desain kartu undangan pernikahan elegan memang sedang hits akhir-akhir ini. Banyak calon pengantin yang lebih memilih model kartu seperti ini. Pastinya bukan tanpa alasan. Kesan elegan yang tercipta dari model undangan ini tidak hanya meningkatkan prestise seseorang di tengah masyarakat, namun juga melambangkan kesakralan dari upacara pernikahan itu sendiri. Biasanya, undangan dengan tema klasik dan elegan seperti ini bisa menjadi pertanda bahwa konsep pernikahan yang akan digelar nanti bergaya vintage. Bagi penerima undangan, sinyal seperti ini sangat penting untuk menyesuaikan busana yang akan dikenakan saat menghadiri pesta pernikahan tersebut.

Pada umumnya, untuk mempertegas gaya klasik dan elegan, undangan yang dibuat menggunakan warna-warna coklat, gold, krem, atau champagne. Sedangkan, untuk menambah kesan elegan, ditambahkan ornamen unik, yaitu dengan teknik cetak embossed (tulisan muncul) atau resin (berkilau) pada nama kedua mempelai. Satu lagi, jenis huruf yang dipilih pun cukup klasik, seperti Shelley Allegro, Edwardian Script, Citadel Script, Zapfino, maupun Flemis Script. Semua hal tersebut dipadukan sedemikian rupa hingga menampilkan sebuah undangan berkelas tinggi.

Semua hal di atas pastinya membutuhkan biaya tinggi dalam pembuatannya. Lalu, bagaimana jika budget yang Anda miliki minim? Jangan khawatir. Berikut ini ada beberapa ide jenis undangan pernikahan sederhana yang pastinya irit biaya, namun tetap tampak elegan.

# Undangan Pernikahan Minimalis

Meskipun sangat minimalis, baik ornamen atau aksesoris lainnya, undangan pernikahan jenis ini ternyata juga tetap bisa tampil elegan. Anda hanya membutuhkan sedikit ornamen yang tidak begitu mencolok. Seandainya menggunakan aksesoris, pilihlah pita dengan warna elegan yang kontras dengan warna dasar undangan. Sebagai contoh, warna dasar undangan putih atau krem, gunakan pita berwarna coklat atau gold. Sebaliknya, jika warna dasar undangan cenderung gelap, pilih pita dengan warna perak. Berikut ini beberapa ciri undangan pernikahan minimalis:

  • Ornamen dan aksesoris yang digunakan sangat minim.
  • Jenis font yang dipilih cenderung sederhana, seperti arial atau gracerplate arial.
  • Tidak ada teknik cetak embossed.
  • Jumlah lipatan maksimal 2 lembar.
  • Warna dasar yang dipilih cenderung terang dan natural.

# Undangan Pernikahan Simple

Undangan pernikahan dengan gaya simple biasanya sangat disukai pasangan calon pengantin yang menyukai kesederhanaan. Namun, meskipun simple, kesan modern tetap dihadirkan dalam undangan tersebut. Kesan modern ini biasanya lebih didapat dari pilihan warna yang sedang tren saat ini sebagai warna yang mendominasi undangan, seperti tosca atau terracota. Namun begitu, penggunaan warna lain juga tidak masalah sebagai kombinasi dengan porsi tidak berlebihan agar tidak terkesan ramai. Nah, berikut ini ciri-ciri undangan yang simple namun tetap tampak modern kekinian:

  • Warna background di dominasi warna tren saat ini.
  • Jenis huruf yang digunakan juga simple, seperti gracerplate arial, century gothic, optima, goudy, dan lainnya (yang terpenting hindari huruf script yang terkesan klasik).
  • Ornamen maupun aksen yang digunakan tidak berlebihan.
  • Tidak perlu adanya penambahan aksesoris, seperti pita, tassel, atau lainnya, karena akan merusak tema simple.

# Undangan Pernikahan Tema Putih

Seperti namanya, undangan jenis ini lebih didominasi warna putih. Tema ini sering digunakan oleh calon pasangan pengantin yang ingin menunjukkan keagungan, ketulusan, dan kesucian cinta mereka. Meskipun hanya terdiri dari satu warna, namun kesan elegan tetap dapat terwujud dengan teknik embossed (tulisan muncul) atau aksesoris minimalis lainnya seperti pita. Seandainya diberi warna tambahan pun, gold menjadi warna paling tepat yang bisa Anda pilih. Berikut ini ciri-ciri undangan pernikahan dengan tema putih yang elegan:

  • Diberikan beberapa ornamen, namun tidak berlebihan untuk menghindari kesan ramai.
  • Warna gold atau coklat biasanya digunakan sebagai warna tambahan.
  • Aksesoris yang bisa digunakan berupa tali mungil untuk mempercantik tampilan.
  • Untuk mempercantik penampilan dan memunculkan kesan elegan, diberi teknik cetak embossed pada nama pasangan calon pengantin.
  • Bisa digunakan sampul berwarna coklat, namun juga bisa langsung dimasukkan plastik undangan.

Itulah beberapa tema undangan pernikahan elegan namun tetap ekonomis. Sebenarnya, tidak hanya tiga model di atas untuk bisa mendapatkan undangan pernikahan dengan biaya rendah tapi tetap elegan. Masih banyak lagi model lain yang bisa digali dari kreativitas yang Anda miliki sendiri. Atau, Anda juga bisa meminta bantuan orang yang ahli mendesain kartu undangan.

Satu hal yang juga harus Anda ketahui tentang desain kartu undangan pernikahan elegan. Apa pun model dan tema undangan yang diusung, jangan lupa untuk memperhatikan ketentuan tentang font yang digunakan. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Penggunaan variasi jenis font maksimal hanya tiga jenis saja. Sebab, lebih dari itu, tampilan undangan akan tampak ramai dan justru menghilangkan konsep awal. Ketiga jenis font yang dipilih pun harus yang senada dan matching sehingga sedap dipandang mata. Begitu juga ketepatan dalam penerapannya pada undangan. Misal, untuk nama pengantin menggunakan font jenis 1, untuk inisial nama di sampul undangan menggunakan font jenis 2, dan untuk informasi lainnya menggunakan font jenis 3.
  • Memilih jenis font yang mudah dibaca. Seunik dan seklasik apapun tema yang ingin Anda ciptakan pada undangan pernikahan, tetaplah memilih jenis font yang mudah dibaca agar penerima undangan tidak bingung saat membaca informasi yang diberikan.

Aturan di atas memang tidak baku, karena Anda masih bisa memadupadankan sesuai selera. Namun begitu, Anda tetap bisa menggunakannya untuk bisa mendapatkan undangan pernikahan yang elegan, unik, beda dengan yang lain, dan pastinya irit biaya. Selamat mencoba!

Related Post

Open