Blog

Mengenal Lebih Dekat Dengan Pernikahan Adat Bali

Pernikahan adat Bali telah menjadi ketertarikan tersendiri untuk setiap orang, salah satunya adalah turis asing yang sangat mengagumi tradisi pernikahan Bali. Bahkan, tidak sedikit pula turis asing yang mengunjungi Bali sebagai tempat untuk melangsungkan pernikahan dengan menggunakan tradisi Bali.

Tradisi pernikahan Bali

Bali pastinya telah dikenal dengan budaya dan eksotisme pulaunya yang begitu indah. Sehingga tidaklah mengherankan banyak wisatawan yang mengunjungi Bali. Namun, selain menawarkan keindahan alamnya, Bali juga memiliki tradisi tersendiri saat melangsungkan pernikahan. Bahkan, upacara pernikahan dengan menggunakan adat Bali cukup berwarna. Untuk semua prosesi hingga berbagai tahapan pernikahannya, hampir semuanya dilakukan di rumah sang mempelai pria. Untuk lebih jelasnya prosesi yang dilakukan dalam tradisi pernikahan Bali, maka berikut pembahasan selengkapnya.

Upacara Ngekeb

Upacara Ngekeb adalah mempersiapkan calon mempelai wanita agar menjadi seorang istri dan ibu. Selain itu, ia juga diharuskan untuk tinggal di dalam kamar hingga penjemputan.

Acara Mungkah Lawang (buka pintu)

Setelah dilakukan upacara Ngekeb, maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah acara Mungkah Lawang (buka pintu). Acara ini dilakukan dengan mengetuk pintu dari kamar mempelai wanita.

Upacara Mesegehagung

Upacara ini merupakan upacara selamat datang untuk pengantin wanita ke rumah mempelai pria yang telah diantar dengan menggunakan tandu.

Madengen-dengen

Tujuan dilakukan Medengen-dengen adalah untuk mensucikan kedua pengantin.

Mewidhi Widana

Penyempurnaan adat Bali ini disebut dengan Mewidhi Widana yang akan dipimpin oleh Sulingguh atau Ida Peranda.

Undangan Pernikahan tema Bali

Undangan pernikahan merupakan media yang dilakukan untuk menyampaikan kabar bahagia, baik kepada keluarga, kerabat, hingga rekan kerja agar bisa menghadiri hari bahagia dari kedua mempelai. Tentunya kedatangan dari para tamu undangan begitu berarti untuk calon pengantin. Hal ini dikarenakan kehadiran dari tamu undangan akan turut menjadi saksi untuk kebahagiaan sang mempelai pengantin. Maka dari itu, sangatlah dibutuhkan sebuah undangan pernikahan yang sangat istimewa bagi para tamu undangan.

Jika dulunya kartu undangan berbentuk seperti surat yang kaku mulai dari tulisan dan desainnya, tetapi semakin hari dengan kemajuan teknologi, membuat desain kartu undangan pernikahan semakin berkembang. Salah satunya adalah kartu undangan dengan konsep Bali yang pastinya akan memberikan desain yang berbeda dan unik pada kartu undangan tersebut. Untuk anda yang sedang mencari kartu undangan yang unik dan berbeda, maka tidak ada salahnya untuk membuat kartu undangan bertema Bali.

Hal ini dikarenakan kartu undangan dengan tema Bali akan banyak menawarkan tema kekhasan suasana Bali yang begitu menarik dan eksotis. Pastinya anda tidak ingin bukan kartu undangan yang telah diberikan kepada teman atau kerabat tidak memiliki kesan yang berarti? Maka dari itu, membuat kartu undangan haruslah dapat menarik perhatian orang yang membacanya, dan buatlah berbeda dengan undangan dari yang biasanya, baik itu dari segi pemilihan kata-katanya, hingga bentuk desainnya.

Dengan menampilkan budaya Bali pada kartu undangan anda, pastinya akan membuat acara pernikahan anda semakin sempurna, bahkan teman atau kerabat anda yang telah menerima undangan tersebut akan langsung mengetahui bahwa anda menggunakan konsep Bali pada acara pernikahan tersebut. Karena pada dasarnya undangan pernikahan akan menjadi identitas untuk setiap pasangan pengantin. Dan pastinya setiap pasangan pengantin akan menginginkan yang terbaik dalam membuat sebuah acara pernikahan agar bisa dikenang selalu.

Souvenir Pernikahan tema Bali

Seperti pada pembahasan sebelumnya bahwa sudah semakin banyak pasangan pengantin yang memilih Bali untuk mengikat janji pernikahan. Selain menyewa hotel atau memilih gedung yang menawarkan pemadangan pantai yang indah dan cantik, tentunya untuk melengkapi hal tersebut, maka anda juga sangat membutuhkan souvenir pernikahan. Mengapa hal ini sangat dibutuhkan? Hal ini dikarenakan souvenir pernikahan merupakan kenang-kenangan di hari pernikahan anda, bahkan souvenir merupakan cara terbaik dalam mengapresiasikan para tamu undangan yang sudah datang ke acara pernikahan anda.

Walaupun terkesan sepele, terkadang souvenir sering menjadi saat-saat yang paling ditunggu para tamu undangan yang datang. Untuk melengkapi acara pernikahan anda yang bertemakan Bali, maka dalam pemilihan souvenirnya juga harus memilih tema Bali. Misalnya saja tema resepsi dari pernikahan anda adalah mengambil adat Bali, maka souvenir yang bisa diberikan kepada para tamu adalah souvenir yang berdetail para penari Bali maupun bunga kamboja.

Seperti yang diketahui bahwa budaya  dan adat Bali begitu sakral dan terkenal unik, dengan begitu akan terlihat baik ketika anda menghadirkannya di dalam souvenir pernikahan. Selain memilih souvenir berdetail penari Bali hingga bunga kamboja, maka tempelan kulkas yang berbentuk Barong dan janger juga bisa anda pilih. Karena keduanya merupakan ikon budaya Bali yang begitu unik. Ada baiknya memilih bentuk yang unik sehingga kesan dan manfaat bisa didapatkan oleh para tamu yang hadir.

Anda juga bisa memilih souvenir gantungan kunci yang khas dengan ukiran tradisi Bali. Anda juga bisa memilih souvenir tersebut dengan berbagai bentuk yang unik dan menarik untuk dilihat, misalnya saja gantungan kunci yang berbentuk hewan kura-kura dan gajah. Tentunya para tamu undangan dapat memanfaatkannya sebagai hiasan kunci, bahkan juga bisa menjadikannya sebagai pajangan yang lucu. Memang souvenir berbentuk gantungan kunci terbilang murah, tetapi dengan adanya sentuhan budaya Bali di dalamnya, pastinya akan membuat gantungan tersebut semakin elegan. Maka dari itu, tidak ada salahnya memilih souvenir yang bertemakan Bali dalam pernikahan adat Bali.

Ikuti update kami di social media