Blog

Tak Kalah Fantastis, Anda Bisa Pilih Permata Ini untuk Cincin Tunangan Jika Bosan dengan Berlian

Batu Permata Untuk Cincin Tunangan – Ingin memberikan hadiah untuk orang terkasih? Maka berlian adalah pilihan yang tak pernah salah untuk menunjukkan betapa besar rasa cinta yang Anda miliki untuk pasangan. Batu permata ini juga banyak dipilih oleh pasangan-pasangan yang ingin melanjutkan hubungan ke tingkat yang lebih serius baik itu lamaran maupun pernikahan dengan konsep modern.

Meski begitu tidak menutup kemungkinan bila Anda memutuskan untuk memilih batu permata lain di acara lamaran. Tidak lantas menjadikan momen berharga Anda dan pasangan menjadi tidak berkelas tanpa berlian, pemilihan batu-batu permata lain untuk cincin tunangan tak sedikit pun mengurangi kesakralan acara yang Anda gelar. Malahan akhir-akhir ini orang lebih cenderung untuk menggunakan bebatuan permata berwarna-warni untuk cincin tunangan mereka.

Cincin pertunangan yang dikenakan Duchess of Cambridge, misalnya. Cincin manis yang diberikan Pangeran William kepada Kate Middleton di hari pertunangannya adalah cincin safir Ceylon besar, yang merupakan milik mendiang ibunya, Putri Diana. Sementara itu, Meghan Markle atau Duchess of York, mengenakan cincin tunangan dengan batu rubi sebagai pusat.

Inspirasi Batu Berlian Untuk Cincin Tunangan

Jika Anda terinspirasi untuk mengganti batu berlian di cincin tunangan dengan batu lain yang tak kalah spektakuler, berikut beberapa alternatif populer yang perlu Anda ketahui.

Moissanite

Anggapan tidak ada batu permata lain yang dapat menyaingi pancaran dan keindahan berlian adalah salah besar. Ditemukan oleh seorang ahli kimia Prancis pada tahun 1893, batu permata putih ini nyatanya sanggup membanyangi pesona berlian dan bahkan dipercaya sebagai batu permata yang lebih rumit daripada berlian, yang selama ini dianggap sebagai zat paling rumit di bumi.

Cincin Tunangan Unik

Sementara berlian adalah karbon murni, Moissanite termasuk silikon karbida. Batu ini ternyata lebih jarang ditemukan ketimbang berlian meski dalam segi harga terbilang jauh lebih terjangkau. Tak hanya itu, batu Moissanite juga mengandung indeks bias yang lebih tinggi daripada berlian. Indeks bias sendiri mengukur seberapa banyak material yang menyebabkan sinar cahaya berubah arah saat jatuh ke sudut tertentu. Wah, cincin tunangan Anda bakalan lebih indah dengan batu Moissanite.

Cubic Zirconia

Sering disamakan dengan mineral alami zirkon, cubic zirconia sebenarnya adalah batu sintetis atau buatan yang berupa kristal kubik yang terbentuk dari zat kimia Zirconium Dioxide (ZrO2). Bahan material kristal kubiknya lumayan keras, memiliki warna yang hampir sempurna meski ada juga yang hampir tidak berwarna. Kilauan cubic zirconia yang dapat menyaingi berlian inilah yang membuat orang beralih ke batuan sintetis indah ini untuk cincin tunangan mereka.

Batu Permata Untuk Cincin Tunangan
Batu Permata Untuk Cincin Tunangan

Tidak seperti berlian, hampir semua batu permata yang terbuat dari cubic zirconia tidak memiliki cacat namun sangat penting untuk memperhatikan kualitas potongan saat membelinya.

Potongan yang terlalu dalam atau terlalu dangkal akan membuat batu cubic zirconia tak memiliki kelebihan sebagai pengganti berlian. Batu ini juga mudah tergores dibandingkan berlian sehingga paling cocok jika ditempatkan dalam setting cincin pelindung seperti channel atau bezel.

Rubi

Cincin Tunangan Batu Rubi

Rubi merupakan versi merah korundum dan dalam hal tingkat kekerasan batu ini berada pada peringkat kedua setelah berlian atau mungkin di bawah moissanite. Rubi memiliki variasi warna merah yang banyak meski warna merah muda kemerahan atau yang disebut darah merpati adalah yang paling berharga. Rubi dengan potongan emerald atau princess dipatok dengan harga lebih tinggi daripada bentuk oval dan bundar. Tinggal pilih yang sesuai dengan budget Anda.

Safir

Termasuk dalam jenis korundum, Safir memiliki banyak warna kecuali merah. Jenis safir yang paling populer adalah warna biru, sementara safir warna bunga jagung dengan sentuhan ungu termasuk yang paling berharga. Untuk ukuran kelangkaan, safir jenis pink-jingga yang juga disebut padparadscha adalah bintangnya.

Cincin  Batu Permata Safir

Tak berbeda dengan Rubi, Safir dengan potongan persegi biasanya lebih mahal daripada potongan oval. Sementara safir dengan potongan bundar besar dan pir terbilang jarang ditemukan ketimbang potongan bantal atau oval. Safir juga bisa tampil dengan asterisme yang indah.

Zamrud

Cincin  Batu Permata Zamrud

Batu permata bewarna hijau lembut ini hadir dengan potongan sendiri. Untuk memperkecil resiko goresan pada sudut permata maka potongan zamrud dibuat bertingkat. Nuansa hijau cantik yang beragam pada zamrud adalah yang paling menarik perhatian, dengan warna hiaju tua pekat menjadi batuan yang paling mahal dan berharga. Zamrud yang sempurna tidak mudah ditemukan dan harganya sangat fantastis.

Opal

Opal merupakan bentuk amorfis dari silika yang berkaitan dengan kuarsa (bentuk mineraloid-nya, bukan mineral). 3% hingga 21% dari berat keseluruhannya berupa air, namun biasanya isinya antara 6% hingga 10%.

Cincin  Batu Permata Opal

Terbilang unik, opal hadir dengan warna-warna cerah berkat bidang mikroskopis dari silika dan air yang dikandungnya. Selain opal api, opal biasanya tidak berbentuk persegi melainkan dipotong dan dipoles sebagai cabochons. Tidak seperti batu berharga lainnya, penyimpanan opal mesti diletakkan dalam air untuk menjaga kualitasnya.

Opal yang paling mahal berwarna hitam dengan permainan warna pelangi yang indah. Sementara opal yang langka biasanya memiliki chatoyancy, atau sosok mata kucing di dalamnya.

Kalimaya

Dijuluki The Quen Of Gems, Kalimaya memang memiliki tampilan yang memukau. Batu permata ini bukan barang baru di dunia perhiasan karena sudah dikenal sejak abad 30 sebelum masehi. Tak ada salahnya lho untuk meniru jenderal Romawi kuno Markus Antonius yang memilih cincin kalimaya sebagai hadiah untuk orang yang sangat penting di hidupnya, yaitu ratu Cleopatra.

Cincin  Batu Permata Kalimaya

Tapi sebelum menggunakan batu kalimaya untuk cincin tunangan, sebaiknya persiapkan dana yang besar karena harga batu mulia ini tidak murah. Jaman Cleopatra saja cincin kalimaya senilai dengan harga 2.000 ekor kuda berkualitas terbaik. Bagaimana dengan sekarang?

Dengan berbagai pilihan batu permata di atas, Anda menjadi lebih leluasa untuk memilih cincin tunangan terbaik untuk pasangan. Tentunya batu-batu mulia tersebut tak kalah cantik dan pastinya akan memberkan kesan lebih unik untuk cincin pertunangan Anda.

Agar semakin berkesan, cincin tunangan bertahtahkan batu permata dapat Anda simpan dalam box cincin elegan. Hantaran yang Anda berikan di hari pertunangan ini akan menjadi hadiah paling istimewa untuk si dia.

Tak perlu bingung memilih hantaran seserahan, undangan, souvenir hingga mahar uang. Anda hanya perlu mempercayakan sepenuhnya kepada vendor pernikahan yang sudah terpercaya, yaitu Anaria Wedding.

Para calon pengantin atau penyelenggara acara dan perusahaan yang menginginkan produk souvenir dan undangan yang cantik, eksklusif, dan elegan, Anaria Wedding akan siap membantu memenuhi semua kebutuhan Anda.

Produk Anaria Wedding terjamin kualitasnya dan telah dikirim ke berbagai kota di Indonesia dan beberapa negara di Asia. Proses pengiriman pun dilakukan sesuai standart yang dipastikan akan aman hingga sampai tujuan dan bergaransi perusahaan.

Untuk segala keperluan mulai pernikahan, kelahiran bayi, ulang tahun, hingga promosi perusahaan, Anda bisa menghubungi www.anaria-wedding.com di nomor WA yang ada di bawah artikel ini atau bisa juga di nomor kantor 031 5484342. Follow akun instagram @anaria_wedding atau via email info@anaria-wedding.com untuk promo terbaru.

Ikuti update kami di social media