Blog

Memilih Cincin Nikah Jangan Asal! Pelajari 11 Tipsnya

Memilih Cincin Nikah Jangan Asal! – Ketika sepasang insan memutuskan untuk melangkah ke jenjang lebih serius yaitu pernikahan, biasanya dibutuhkan suatu simbol pengikat cinta. Banyak jenis perhiasan yang bisa dipilih, namun cincin adalah perhiasan yang paling favorit untuk momen sakral seperti pernikahan. Tak mengherankan sebab cincin dianggap memiliki makna yang dalam untuk pengikat sebuah komitmen sehidup semati dalam sebuah pernikahan.

Tips Yang Bisa Anda Pelajari Agar Simbol Cinta Anda Berkesan Selamanya

Sebuah simbol keabadian, cincin nikah yang dilingkarkan ke jari manis pasangan menyimpan sebuah harapan agar kebersamaan yang terjalin bersama pasangan akan kekal abadi hingga maut memisahkan. Tak perduli dengan kehidupan yang bagai roda berputar, sepasang suami isteri akan terus berpegang teguh pada komitmen dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Bagi Anda yang sudah siap menikah tapi masih saja bingung memilih cincin pernikahan untuk pasangan, berikut ini 11 tips yang bisa Anda pelajari agar simbol cinta Anda berkesan selamanya.

Memperbanyak referensi

Untuk menemukan cincin pernikahan yang tepat, Anda harus memulai pencarian setidaknya dua bulan sebelum tanggal pernikahan. Syukur-syukur jika Anda memiliki lebih banyak waktu lagi untuk menimbang dan melihat kembali cincin yang sudah Anda pilih. Untuk memperkaya referensi, Anda bisa mengunjungi langsung ke toko-toko perhiasan di sekitar Anda atau mencari sumber dari majalah dan internet. Dengan begitu, Anda akan mengetahui model atau jenis cincin yang sedang tren.

Menentukan anggaran

Setelah referensi terkumpul, Anda wajib menyiapkan dana untuk membeli cincin yang sudah Anda incar. Anda bisa mendapatkan cincin di pasaran dengan harga beragam, tergantung dari bahan dan juga tambahan batu permata jika Anda menginginkannya. Sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri dan usahakan untuk memilih cincin yang sesuai dengan kemampuan Anda. Ingatlah, Anda bakal membutuhkan dana yang besar setelah menikah nanti. Sebagai ancang-ancang, persiapkan budget sekitar 3 – 10 juta rupiah untuk cincin kawin yang tidak terlalu mewah.

Memikirkan rencana jangka panjang

Jangan hanya karena ingin terlihat berbeda, Anda lantas memilih cincin yang tak biasa tanpa memikirkan apakah model cincin tersebut masih oke dikenakan hingga 20 tahun mendatang. Berpikirlah dengan jernih sebelum memilih dan ajak pasangan untuk memilih cincin yang sekiranya masih pantas digunakan untuk jangka waktu yang lama. Anda tentu tidak berniat untuk ganti cincin pernikahan tiap tahun bukan?

Memilih model cincin yang simple dan nyaman saat dikenakan

Jika banyaknya model cincin perkawinan membingungkan Anda, maka pilihlah cincin pernikahan yang berwarna putih dengan bentuk permata yang bulat karena terlihat lebih simple tanpa meninggalkan kesan elegan. Bentuk permata yang tidak bersudut akan menciptakan kilau yang lebih cemerlang, selian juga membuatnya tidak gampang tergores.

Melakukan final fitting

Sangat penting untuk mengetahui waktu yang paling tepat melakukan fitting. Hindari mengukur pada pagi hari karena jari tangan akan sedikit membengkak sebagai akibat kandungan garam yang masih tersimpan dalam tubuh dari malam sebelumnya. Ukuran jari juga akan sedikit berbeda jika Anda melakukan pengukuran sehabis melakukan olah raga dan ketika tubuh dalam keadaan panas atau dingin sekali. Fitting terbaik dapat Anda lakukan di saat kondisi tubuh Anda tenang dan temperatur tubuh dalam keadaan normal.

Pas dengan bentuk jari

Bagi Anda yang memiliki jari-jari yang kecil, sebaiknya menghindari cincin pernikahan yang berbentuk lebar karena akan membuat jari Anda semakin tenggelam dan tidak sedap dipandang. Begitu juga sebaliknya, hindari untuk memilih cincin yang terlalu ramping untuk bentuk jari-jari tangan yang besar. Jangan malas mencoba karena Anda akan mengetahui model cincin yang sesuai dengan jari Anda.

Memilih cincin yang perawatannya gampang

Anda tidak perlu menambah biaya ekstra untuk perawatan jika cincin yang Anda beli dapat Anda bersihkan sendiri secara rutin. Jika model cincin yang Anda pilih cukup rumit maka pastikan toko perhiasan langganan Anda menyediakan jasa perawatan dan pencucian.

Memilih toko perhiasan yang tepat

Tips memilih cincin nikah

Sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya lakukan survey ke beberapa toko perhiasan. Cari tahu apakah toko-toko tersebut memberikan jasa pengecilan atau pembesaran ukuran cincin, perawatan perhiasan serta pemolesan ulang agar Anda tidak kerepotan di masa mendatang.

Menentukan kadar emas

Biasanya cincin pernikahan yang sering dipakai mempelai adalah emas dengan kadar 18 karat. Emas seperti ini memiliki kandungan 75% emas dan bentuknya tidak akan berubah karena pemakaian sehari-hari. Emas berkadar 24 karat tidak layak dipergunakan untuk perhiasan atau cincin kawin karena mengandung logam yang cukup lunak sehingga bentuknya mudah berubah.

Cincin platinum

 

Pasangan yang tidak ingin mengenakan perhiasan emas biasanya beralih ke cincin berbahan platinum untuk acara pernikahan. Selain perawatannya mudah, cincin platinum juga lebih tahan terhadap perubahan warna, dapat menahan batu permata lebih baik dan tidak menimbulkan reaksi alergi. Namun, Anda harus berhati-hati saat mengenakan cincin platinum terutama saat bekerja dengan zat-zat yang mengandung klorin, seperti pemutih pakaian dan desinfektan, karena dapat merusak kualitas platinum. Anda juga harus menyimpan cincin platinum Anda saat sedang melakukan pekerjaan berat, kasar ataupun ketika berolah raga untuk menghindari terjadinya goresan pada cincin.

Mempertimbangkan untuk membeli cincin tunangan dan cincin nikah sekaligus

Jika Anda belum memiliki cincin tunangan sebelumnya, Anda dapat membeli keduanya sekaligus karena model cincin pertunangan yang Anda pilih dapat memudahkan dalam pememilih cincin nikah. Sebagai contoh, cincin tunangan dengan berlian bentuk pear yang unik sangat tepat jika dipadukan dengan model cincin nikah yang sederhana dan tidak terlalu heboh. Anda juga bisa memadukan antara cincin tunangan solitaire dengan cincin kawin bertahtakan berlian-berlian kecil. Menarik bukan.

Dengan berbekal 11 tips cerdas dalam memilih cincin pernikahan di atas, semua kesulitan soal cincin kawin bukan lagi masalah besar. Sekarang Anda akan merasa lebih siap dalam menyongsong pernikahan.

Cincin pernikahan yang indah akan terlihat semakin indah jika dibalut dalam box cincin berdesain ekslusif, unik dan elegan. Saat membawa cincin ke hadapan pasangan, desain box cincin yang istimewa akan membuat Anda tampil lebih percaya diri.

Anaria Wedding menyediakan box cincin eksklusif berbahan kayu dengan desain stiker dan hias bunga scrap yang indah. Lama pemesanan box antara 15-20 hari dengan ongkos kirim tergantung kota tujuan. Harga box cincin ekslusif yang ditawarkan Anaria Wedding dengan kualitas yang sudah terjamin. So, jangan ragu untuk memesan seluruh keperluan pernikahan Anda ke Anaria Wedding.

Tak hanya urusan pernikahan, Anaria Wedding juga menyediakan segala keperluan mulai undangan hingga souvenir untuk acara lahiran bayi, ulang tahun, promosi perusahaan dan acara-acara lainnya.

Untuk pemesanan atau info lebih lanjut, Anda bisa menghubungi team anaria-wedding.com via nomor Whatsapp yang ada di bawah artikel ini  dan jangan lupa follow akun instagram @anaria_wedding. Kami siap membantu Anda.

Ikuti update kami di social media